Rabu, 01 Oktober 2014

Membuat Desain Logo Yang Baik Dan Benar

Kebutuhan logo bagi sebuah brand yang amat penting, bisa dipastikan bahwa designer grafis semakin kebanjiran project untuk membuat design logo yang sesuai dengan keinginan client serta memberikan nilai tersendiri untuk identitas sebuah brand yang bisa diterima dan selalu diminati oleh konsumen

1.      Pahami kebutuhan Klien


Salah satu tips dalam membuat logo yang baik adalah pahami kebutuhan klien. Anda harus paham dan mengerti apa yang diinginkan oleh klien. Dan ada kalanya klien menginginkan logo seperti perusahaan tertentu. Klien akan memberikan apa yang ingin disampaikan melalui Logonya, terutama filosifi Visi dan Misi dari perusahaan tersebut. Pahami dan temukan karakter yang akan disampaikan lewat Logo ini, agar tercipta desain logo yang sesuai dengan harapan klien.

2.      Tampilan yang menarik
Setelah sebuah logo selesai dibuat, mintalah pendapat kepada orang - orang terdekat anda, seperti teman, saudara, dll. Dan pastikan orang yang melihat logo anda memberi kesan yang positif terhadap logo yang telah anda buat. Logo harus berbentuk sesuatu yang mengikat orang yang melihatnya, sehingga orang akan terhenti pandangannya dengan bentuk yang menarik dan sesuai dengan keindahan.
3.      Logo yang Unik

Klien tentu saja tidak ingin memiliki logo yang sama dengan logo perusahaan lain. Karena tujuan logo adalah membangun sebuah brand bagi perusahaan. Jadi selain Indah dan Enak dipandang, Tampilan logo sebaiknya menggelitik pandangan dengan bentuk dan desain  yang khusus.
4.      Pesan yang kuat & spesifik 
Pastikan bahwa bentuk dan warna logo mewakili pesan suatu perusahaan. Bentuk Logo menggambarkan karakter produk jenis apa yang ditangkap konsumen, pemilihan bentuk dan type huruf  harus tepat, agar tidak memberikan gambaran yang salah terhadap produk dari perusahaan tersebut.
 5.      Desain yang sederhana

Beberapa perusahaan terkenal di dunia, desain logonya tidak memiliki banyak detail dan terkesan sederhana. Bentuk dan type huruf yang dibuat simpel dan mudah terbaca agar konsumen mudah memahami dan tidak perlu berpikir panjang untuk mengenali apa pesan yang disampaikan lewat logo tersebut.
6.      Berbeda tapi Tampak Familiar

Sebuah perusahaan membutuhkan logo yang mempunyai desain yang otentik. Desain logo yang baik adalah desain yang mudah diingat orang yang melihatnya. Bentuk yang tidak sama dengan kompetitor lain atau produk sejenis namun terasa sangat familiar dimata konsumen yang melihatnya seolah Logo tersebut memang sudah ada sejak lama.
7.      Logo yang abadi
Sebuah logo yang baik dapat bertahan bertahun - tahun walaupun tren zaman sudah berubah. Keseluruhan tampilan Logo sebaiknya lebih bersifat Netral dan stabil dari Trend visual yang populer sehingga dapat diterima oleh setiap generasi.
8.      Fleksibel dan bisa menyesuaikan

Bentuk dan warna Logo sebaiknya bisa disesuaikan diberbagai media yang memungkinkan merubah warna atau tekstur background, sehingga mempunyai standarisasi untuk kemampuan menyesuaikan terhadap dasar Media. Dengan pergantian warna pada logo tersebut, orang tetap saja bisa mengenali perusahaan tersebut.
9.      Tampak jelas disegala ukuran

Sebuah logo yang baik haruslah tetap bisa dilihat baik dengan segala format dan ukuran. Dalam keadaan tertentu seperti jarak pandang yang jauh, atau tampilan yang kecil, hasil produksi yang kurang maksimal, Bentuk Logo harus tetap terlihat jelas serta tetap indah walau tanpa warna dan tidak berubah menjadi bentuk visual yang lain.

10.    Desain yang berbeda dari kompetitor

Saat anda berkonsultasi dengan klien tanyalah tentang kompetitor mereka. Dan pastikan desain logo yang anda buat berbeda dengan desain logo kompetitor. Gambar di atas menunjukan logo - logo perusahaan yang tampak berbeda, walaupun dari perusahaan tersebut menciptakan logo yang sama. Logo - logo di atas sangatlah berbeda dan tampak uniksatu sama lain.

Dalam membuat design logo jangan pernah terpikir untuk mencontoh dari bentuk yang dibuat kompetitor karna akan berakibat memberikan keuntungan visual dari kompetitor dan merugikan Image Branding dari produk itu sendiri.
Logo yang rumit akan sulit untuk diingat, dan akan membingungkan konsumen untuk memahami karakter produk sehingga terjadi salah interpretasi konsumen terhadap produk yang sebenarnya.
Logo harus mencerminkan visi sebuah perusahaan namun tidak selalu menjelaskan semua yang dilakukan oleh perusahaan.  Meski tidak selalu menggambarkan visualisasi produk namun tampilan secara keseluruhan tidak mengalihkan imajinasi konsumen terhadap produk lain. Perlu keberanian untuk menciptakan bentuk diluar karakter produk dan pekerjaan ekstra untuk selalu menambahkan bentuk visualisasi atau image agar konsumen selalu terarah kepada image produk.
Pembuatan Logo juga perlu memperhatikan Aspek Rasio denganmempertimbangkan komposisiyang tepat antara tinggi dan lebar logo.  Design logo yang terlalu tinggi dan nampak kurus atau design logo yang terlalu gemuk dan berat takkan bagus secara visual.  Masalahnya akan timbul ketika mengaplikasikan design logo di berbagai media dengan komposisi tepat yang tersediasehingga tidak terlihat canggung atau ruang kosong diantara sisi Logo.  Logo yang memiliki aspek rasio seimbang akan mudah diadaptasikan di berbagai media.
Logo sebaiknya mewakili karakter sebuah Brand
Design logo yang anda buat haruslah menggambarkan brand atau perusahaan client seperti produk-produk untuk target dengan penggolongan Umum sbb:
  1. Bentuk golongan Produk seperti Corporate, Jasa atau Consumer Produk
  2. Genre untuk Pria atau Wanita.
  3. Tingkat golongan usia Bayi, anak-anak, remaja atau dewasa
  4. Golongan tingkat sosial seperti Low, Middle atau High levels
  5. Target Area Penyebaran
  6. Visi dan Misi produk
Secara keseluruhan design Logo yang baik adalah yang akan memberikan ketertarikan dan kepercayaan konsumen sehingga menciptakan keinginan untuk Mengetahui dan merasa bangga telah menggunakan produk yang kita tawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar