Senin, 27 Oktober 2014





1.       The Card Player karya Paul Cezanne
Lukisan termahal pertama di dunia adalah lukisan The Card Palyer. Lukisan yang dibuat oleh seniman Paul Cezanne ini mampu mencetak harga jual sebesar Rp. 2,95 triliun. Mahalnya lukisan ini dikarenakan intensitas cahaya yang sangat detail dan bagus. Keluarga asal Qatar berhasil membeli lukisan tersebut dalam sebuah acara pelelangan.


2.      No.5 karya Jackson Pollock
Lukisan termahal kedua adalah Lukisan No.5 karya Jackson Pollock. Harga lukisan ini mampu tembus hingga kisaran harga 1.62 triliun. Jackson adalah seniman asal Amerika yang sangat popular akan aliran lukis abstrak Impresionisme. Menurut para ahli seni lukisan ini mempresentasikan abstrak dari sebuah sarang. Hingga saat ini lukisan ini dimiliki oleh David Geffen setelah Jackson menjual kepadanya. 


3      Woman III karya Willem de kooning
Lukisan termahal selanjutnya adalah Lukisan Woman III karya seniman Willim de Koonig. Lukisan indah ini mampu tembus di kisaran harga 1,6 triliun. Lukisan yang beraliran gaya abstrak ekspression ini dimiliki oleh seorang miliuder kaya yakni Michele Cohen setelah David Geffen menjual kepadanya. 


4.       Portrait of adele Bloch-Bauer – Gustav Klimt
Lukisan termahal di dunia selanjutnya adalah Portraid of adele Bloch-Bauher karya Gustav Klimt. Lukisan yang dibuat pada tahun 1907 ini di lukis dengan menggunakan minyak emas dan perak. Lukisan indah ini mampu mencatat harga hingga 1,56 triliun. Lukisan ini menggambarkan sesosok wanita yang sekaligus istri dari tokoh industri gula Ferdinand Bloch Bauer.


5.   The Scream Karya Edvard Munch
Lukisan karya Edvard Munch merupakan versi ke empat maha karya seniman. Lukisan yang dibuat dengan minyak, tempera dan pastel ini mampu mencatat harga sekitar 1,4 triliun. Lukisan yang dibuat pada tahun 1895 ini dijual pada Sotheby’s Impressionts dan Modern Art Auction pada tahun 2012.  
  

6.      Nude, Green Leaves and Bust karya Pablo Picasso
Lukisan yang dibuat pada tahun 1932 ini mampu mencatat harga jual hingga Rp. 1.3 triliun. Nude, Green Leaves and Bust begitulah nama lukisan indah terkenal karya Pablo Picasso. Seorang wanita yakni Marle Therese Walter menurut Pablo adalah sesosok wanita yang mengilhami atas terciptanya lukisan ini. 



7.     Boy with a Pipe – Pablo Picasso
Lukisan mahakarya seniman terkenal Pablo Picasso, berhasil mencatat harga lelang hingga mencapai Rp. 1,2 triliun. Lukisan yang dibuat pada tahun 1905 ini menggambarkan seorang Pria prancis mengenakan pakaian warna biru dengan sebuah pipa ditangan kirinya. Lukisan ini pernah di lelang dalam acara lelang oleh Sotheby New York yang mampu terjual pada pada kisaran harga Rp. 1,2 triliun. 
  

8.       Dora Maar au Chat – Pablo Picasso
Seniman berbakat Pablo Picasso, lagi-lagi membuat maha karya lukisan indah. Dora Maar au Chat begitulah nama lukisan maha karya Pablo. Lukisan ini mampu mencatat harga jual hingga Rp. 1,1 triliun. Lukisan ini menggambarkan sesosok wanita yang sedang duduk di kursi dengan seekor kucing yang bertengger di bahu wanita tersebut.


9.      Portrait of Dr. Gachet – Vincent van Gogh
Lukisan mahal selanjutnya adalah Lukisan Portrait of Dr. Gachet. Lukisan diatas kanvas berukuran 23,4 x 22,0 inchi ini mampu mencatat harga jual sebesar Rp. 959 miliar. Lukisan yang menggambarkan seorang pria yang bernama Dr. Paul Gachet. Ada dua versi untuck lukisan ini, namun gambar diatas adalah versi pertama dari lukisan Portait of Dr. Gachet.


10.     Dance at the Moulin de la Galette karya Pierre Auguste Renoir
Lukisan mahal selanjutnya adalah Lukisan Dance at the Moulin de la Galette. Lukisan mahal ini karya seniman Pierre Auguste Renoir. Lukisan ini pernah dinobatkan sebagai lukisan terbaik pada tahun 1894. Lukisan yang diselesaikan pada tahun 1876 ini merupakan koleksi pribadi dari Gustave Caillebotte, ia juga seorang pelukis terkenal asal prancis. Meski nama pembeli ini tidak di publikasikan namun berdasarkan laporan lukisan ini dibeli oleh kolektor asal swiss. 

Demikianlah 10 Lukisan Termahal di Dunia. Jika anda mengerti nilai-nilai estetika dari Seni tersebut maka harga tersebut tidaklah sebanding dengan butiran-butiran pada seni lukisan tersebut, karena sesungguhnya seni itu tidak dapat di hargai dengan uang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar